E G G P L A N T

Posted: Selasa, 27 Juli 2010 by LAGUPEDIA in Label: ,
2

Whenever I explore the land of yen
I always take one on the chin
And now this lioness has almost made me tame
I can't pronounce her name but
Eggplant .. is her game
Waktu aku lagi jalan ke Jepang (pake Yen)
Aku selalu bawel nanya-nanya (take on the chin?)
Hingga 'komunikasi mampet' itupun bisa jadi 'jinak',
Walau tetep susah untuk menyebut namanya,
Tetapi .. 'terong', begitulah sebutannya
Sekarang aku coba ngobrol soal makanan, yg dicampur dgn musik. Ada resep tentang 'terong' yg diracik pake bosas, ala carte 'Michael Franks'. Orang Ozzy sini bilangnya 'Aubergine', dari istilah British. Adalah buah berwarna ungu gelap, biasa lonjong tapi juga ada yg bulat. Orang Indonesia pasti pahamlah .. terong. Buah yg seperti busa (spong) dan kalo dimasak langsung lembek, konon mengandung serat tinggi (fiber) tapi lelaki gk boleh keliwat doyan. Kebetulan kedua rekan house-mate gk doyan, jadi kalo menu rantangnya pake lauk terong, maka semua jadi jatah buatku .. yummi.
The lady sticks to me like white on rice
She never cooks the same way twice
Maybe it's the mushrooms .. maybe the tomatoes
I can't reveal her name, but
Eggplant is her game
Kenapa 'terong' bisa juga disebut 'tumbuhan telor'? Konon dikenal sejak 1.500 taon lalu, berasal dari India dan sekitarnya, dan belum berwarna ungu dan sepanjang kayak sekarang. Tapi lebih bulat dan berwarna putih, konon menyebar jadi menu masakan di budaya Arab hingga Mesir dan menyebar hingga ke dapur di Romawi lewat penyesuaian (pencangkokan). Karena bentuknya rada lucu, apalagi pas nangkring di ketiak daun-pohon seperti telur, jadilah disebut 'telurnya pohon'. Selanjutnya 'dunia per-terong-an' jadi meriah dgn ragam persilangan terutama demi penyesuaian alam buat budi daya. Serta beragam namapun muncul hingga bentuknya yg variatif seperti mirip dgn cucumber (timun), dst.

When my baby cooks her eggplant,
She don't read no book
She's got a 'giocanna' kinda of dirty look
And my baby cooks her eggplant,
'bout 19 different ways
Sometimes I just have it raw with mayonnaise
Dilain kisah, Michael Franks adalah penulis lagu, komposer, gitaris yahud, tapi lebih dikenal lantaran vokal yg khas tanpa vibra. Serta kegilaannya pada musik Jazz ala Brazilian, yang mungkin menjadikan tone dan style bernyanyinya berusaha mirip diva 'Astrud Gilberto'. Namun idolanya tetaplah maestro Carlos Jobim, sang Arsitek yg lebih kondang sbg engkongnya Bossas, serta diutarakannya lewat album 'Abandoned Garden' (di lagu 'Bird of Paradise'). Lagu ini rada emosional, didedikasikan Franks saat mendengar khabar wafatnya sang idola. Walau menurutku juga sudah sempat disinggung di album sebelumnya yakni 'Dragonfly Summer', yg sempet punya hits 'How I Remember You'. Album Dragonfly ini menurutku 'albumnya orang mati'. Karena selain menampilkan almarhum Jobim, juga menyebut pianis Thelonius Monk. Termasuk ada nama pelawak TV yg dikenal 'Lucy Show', namun ternyata 'Lucy' dimaksud adalah buat panggilan kepada kucingnya.
Franks selain punya karakter dan ciri yg cenderung soft, juga menulis lirik berikut konsep albumnya walau gk spesifik. Doi lulusan sarjana sastra dan doyan bikin puisi, cukup membantu kreativitasnya. Hobi lainnya adalah ngurus kebun sekaligus bertani, juga memelihara banyak binatang dan aktif di organisasi pencinta hewan. Semua aktifitas ini banyak mempengaruhi lirik lagu, contohnya lagu tentang terong ini ('eggplant'). Dibuat untuk album kedua 'The Art of Tea' (1976) sekaligus oleh2 hasil dolan ke Jepang. Menghasilkan hits Popsicle Toes yg ditulis karena orang Jepang demen permen lolly (yg diisep sembari megang batangnya ehehee). Kisah lainnya adalah saat ia bingung dengan bahasa dan huruf kanji, seolah berada di planet lain dan cuma bisa 'mangut2' sembari nurut. Maka muncullah ide lagu Monkey See Monkey Do. Kalau aku inget kisah si Bob yg bengong di film 'Lost in Translation', wajar jika Franks juga boring di kamar hotelnya. Mungkin dari sini pula muncul lagu sendu Mr. Blue, Sometimes I Just Forget to Smile', atau favoritku I Don't Know Why I'm So Happy, I'm Sad.

Selain latar belakang sbg penulis sembari menyanyikan lagunya sendiri, serta interpretasi pribadiku pada album oriental Art of Tea ini, aku kok lantas curiga dgn 'selera nakal' si laid-back crooney ini pada lagu 'terong'. Apakah cuma mo ngobrol soal makanan dan menu, ataukah pengalaman nyata dgn cewek Jepang, termasuk mesumnya?
Maybe its the way she grates her cheese
Or just the freckles on her knees
Maybe its the scallions .. maybe she's Italian
I can't reveal her name, but
Eggplant .. is her game
-duke-

2 komentar:

  1. aiste says:

    a good chef can make up anything great into the dishes, and it's a good guess at the end.

  1. LAGUPEDIA says:

    Thanks for compliment and welcome abroad, 'good guess' ;o)