W O M A N

Posted: Sabtu, 19 Juni 2010 by LAGUPEDIA in Label: ,
1

for : d'other half o'd sky
-------------------------------
(double fantasy, 11'1980)
:woman, i can hardly express
:my mixed emotions ..
:at my thoughtlessness
:after all i'm forever in your debt

Sejak Sean lahir, ternyata merubah total cara hidup John. Ia memutuskan tidak lagi urakan sbg selebritis, namun mengurung di apartement dan mengasuh Sean tiap detik. Ia menjadi 'house father', sementara Yoko lebih sibuk dgn kegiatan seni maupun mengurus royalti. 'Aku sudah membawa Sean selama 9 bulan di perutku, maka selanjutnya kau yg mengurus hidupnya!', begitu kata Yoko sekaligus mendukung keputusan suaminya. Maka John gak pernah menyentuh gitarnya untuk mengarang lagu ato tampil sbg musisi, kecuali kejadian di Jepang saat nyanyi lagu 'Jealous Guy' yg 'kepergok' sepasang manula di lobi hotel.

:and woman, i will try to express
:my inner feelings and thankfulness
:for showing me the meaning of success

demikian juga suami harus mengasihi
istrinya sama seperti tubuhnya sendiri;
siapa yang mengasihi istrinya,
mengasihi dirinya sendiri'
[efesus 5;28]

:oh, well .. well
:doo, doo, doo, doo, doo
Tapi gak lantas John berhenti kreativitasnya. Misalnya ia berkelakar lewat pepatah yg mengatakan: 'Life begins at 40' (puber kedua), maka terciptalah draft lagu yg kelak diberi judul '(Just Like) Starting Over'. Sementara ia masih sering mendengarkan lagu lama Bitels, salah satunya dari album 'Rubber Soul' yg berjudul 'Girl'. Lagu ini memberi ilham untuk dituliskan kelanjutannya (sequel), terutama ditujukan untuk Yoko. Semacam pembenaran bahwa lagu Girl pernah diciptakannya entah untuk siapa, yg jelas wanita itu bukan Cynthia. Lennonpun mengambil draft puisi yg pernah ditulis untuk Yoko, berjudul 'The Other Half of the Sky'. Maka ketika puisi ini dinyanyikan serta terpengaruh ide lagu 'girl' tadi, maka diberilah judul sebagai lagu yg baru yakni 'Woman'.

:woman, i know you understand
:the little child inside of the man
:please remember my life is in your hands
:and woman, hold me close to your heart
:however distant don't keep us apart
:after all it is written in the stars
Pada taon 80, alias 5 taon John menyepi dan Sean beranjak balita, ia mulai merencanakan untuk comeback ke dunia rekaman sekaligus bikin konser bersama Yoko. Kumpulan dari semua materi baru berupa lagu termasuk beberapa karya Yoko. Album itu diberi judul 'Double Fantasy', adalah ide saat John dan Yoko lagi jalan2 di kebun raya (botanical garden). Mereka melihat sebuah kembang kuning yg langka (sejenis tulip) dari Afrika, dgn keterangan bertuliskan 'Double Fantasy'. John merasa nama itu pas untuk mewakili perasaannya, mengapa menikahi Yoko. Yakni bertemunya fantasi ganda, juga mewakili 'berfantasi berdua'.

:oh, well .. well
:doo, doo, doo, doo, doo

sebaik-baik kamu adalah
orang yang paling baik terhadap istri,
dan aku adalah orang yang paling baik
diantara sekalian terhadap istri.
[at-turmudzi]
Berisi 16 lagu, dimana 8 ciptaan John dan Yoko 8, album 'Double Fantasy' dirilis November 1980. Sanggup mendapat sambutan sukses internasional, terutama lagu 'Starting Over' langsung mencapai tangga hits radio, disusul lagu 'Woman'. Lennon kembali bermusik setelah 5 taon pensiun total, sekaligus bersiap bikin konser dan kembali dikerumuni pengemarnya. Lalu di malam 8 Desember, John dan Yoko baru kembali dari studio, dan turun dari limousine di depan apartementnya. Ada beberapa penggemar menunggu, untuk sekadar menyapa ato minta tanda tangan, termasuk seseorang menyodorkan sampul rekaman 'Double Fantasy'. Setelah selesai, John membalikkan badan untuk masuk, orang itu memanggilnya kembali: 'Mr Lennon!'

:woman, please let me explain ..
:i never meant to cause you sorrow or pain
:so let me tell you again and again ..

:i love you .. yeah yeah
:now and forever
:i love you ..

Lalu terdengar 5 tembakan pistol, Mr. Lennon-pun roboh ..
-duke-

1 komentar:

  1. kim says:

    Sungguh menyentuh...