Daniel Sahuleka

Posted: Selasa, 27 Juli 2010 by LAGUPEDIA in Label: ,
4

I'm maybe not romantic, I'm maybe not poetic
Sometimes I'm not that fluent, to find those magic words
I wish that I could show you my|emotion
How can I given notion to use all my potention
To say .. how deeply I adore you

Don't reject me, you could hurt me
Though I seems so silly but it'll hurt me
I'm maybe different, as you discovered
But I'm getting warm inside, whenever you want near me
I'm no longer lonely, don't ever leave me
'Cause I can't stand the coldness when you are gone
Sebuah CD yg kudapat di Ratu Plaza kemarin, Best of Daniel Sahuleka (Moedyamusic - Sunflight). Sebetulnya gk terlalu excited, karena nyaris semua lagunya sudah kupunya (MP3 dan kaset). Tapi buat melengkapi diskografi 'artis besar', ya bolehlah. Apalagi kemarin gagal nonton doi di Jak Jazz 2008, album ini bisa jadi pengganti. Lagu pertama adalah legenda pada akhir 70an, balada Don't Sleep Away This Night yg pernah bikin heboh Indomusika awal 80an. Namun versi yg dimuat di sini diambil dari album kompilasi konser I Adore You' (1993). Lagu ciptaan taon 1978 ini diiringi keplok tangan, juga ada lirik tambahan berbahasa Indonesia yg lumayan panjang walau rada cadel.

Usah kautangisi perpisahan ini
Walau berjuta luka di hati
Aku pergi tuk kembali lagi
Doakanlah kucepat kembali
Sayangku .. o cintaku, untukmu
Juga masih diambil dari album konser di Belanda, ditampilkan balada lain You Make My World So Colorfoul. Lagu ini beken terutama di Indonesia setelah mengetahui bahwa penyanyinya adalah Ambon manise. Lagu ini khusus dibuat oleh Daniel untuk istrinya, Alice di taon 1976. Dikisahkan suatu pagi saat mereka bangun tidur, ada secercah matahari pagi awal musim panas menerobos jendela kamar. Lalu jatuh ke ranjang mengenai sebagian wajah Alice, serta Daniel merasa bidadari surga baru saja turun dan berbaring di sampingnya.
Morning sun shines in our room
Now that room is back in tune
Autumn starts its day with a smile and
Laughes at my beautiful loved one ..
Who us lying besides me
Daniel Sahuleka sang nyong Ambon kelahiran Semarang, saat remaja bertualang dan hijrah menjadi warga negara Belanda. Mungkin banyak yg kurang tau, kalo doi punya hubungan khusus dgn Kalimantan Barat. Yakni sang nenek (pihak ibu dari ayahnya) adalah kelahiran Pontianak bernama Juarsi Mohanab' keturunan Sundanesse + Chinesse lalu disunting Ambonesse. Hingga jadilah Daniel yg kini cukup pantas disebut sbg musisi dunia dalam karir lebih dari 30 taon. Kiprahnya dimulai sbg pengamen di Winterwijk, kampung kecil 2 Km dari perbatasan Belanda-Jerman. Ia lalu sering berkumpul terutama dgn para musisi dari Ambon yg banyak tersebar di Amsterdam. Melalui Don't Sleep Away This Night serta nomor rancak We'll Go Out Tonight menjadikan namanya berkibar di seluruh Holland, termasuk membawanya mampir ke Indonesia.

You're so far away in your sleep
Who can tell what dream you may dream
You dont know that i was drawing with
My finger on your sweet young face
Makes a meaning words ..
Daniel pernah bekerja sama dgn Rinto Harahap, sayang aku gak punya albumnya malah lupa judul lagu yg sempet beken di sini. Salah satu penampilannya yg diliput luas dan ditunggu adalah Java Jazz 2006. Daniel tampil secara khusus maupun barengan dgn musisi asal Maluku dalam panggung yg disebut Moluccan Performing Art. Suaranya yg khas berikut gitar akustik berkelas, juga rambutnya, otomatis menjadi perhatian utama. Kehadirannya selain mudik adalah sekaligus mengurus hak cipta lagunya yg masih direkam dan selalu terdengar di Indonesia. Kesempatan yg juga digunakan untuk meluncurkan album kompilasi untuk penggemarnya lewat produk rekaman resmi.
Sayangnya ada beberapa lagu yg kusuka tapi gk termasuk misalnya I Adore You (punya di album lain), Change, terutama yg bareng Rinto itu. Ya gak apa, toh aku udah banyak punya termasuk konsernya pake lagu Di Bawah Sinar Bulan Purnama (keroncong), Ikan Gabus (tuh, Kalbar kan?), We'll Go Out Tonight, tentu beberapa lagu Ambon yg khas kata ulang seperti Mande-mande, Lembe-lembe, dst.
You're so far away in your sleep
Who can tell what dream you may dream
You dont know that i was drawing with
My finger on your sweet young face
Makes a meaning words ..
-duke-

4 komentar:

  1. Anonim says:

    Lagunya abadi ...

  1. Anonim says:

    suka banggets infonya, makasih dech

  1. Anonim says:

    Mau nanya? dulu aku pernah dengar lagu JAGA SLALU HATIMU (yang di release SEVENTEEN) kayaknya pernah di nyanyikan Daniel juga ya .. bener engga ?

  1. Unknown says:

    Suka skali dgn ciri khasx (suara, rambut). Sesama org dr Timur merasa bangga.