Don't Stop Believing

Posted: Kamis, 15 Juli 2010 by LAGUPEDIA in Label: , , , , ,
3

:Just a small town girl,
:Livin in a lonely world ..
:She took the midnight train
:Goin' anywhere ..
Seorang pemuda dari kawasan kumuh metropolitan. Ia tumbuh dgn kasih ibunya yg selalu mengajak menyanyikan lagu the Carpenters, serta terus mendukungnya buat berani tampil bernyanyi. Sementara sang ayah terlalu sibuk sbg penjahit baju untuk membiayai 4 anak. Bersahaja pas-pasan, hanya sekadar menyambung hari yg membosankan.
:Just a city boy,
:Born and raised in South Detroit ..
:He took the midnight train
:Goin' anywhere ..

Si pemuda belajar bernyanyi sejak dini untuk meyakini potensi dirinya, termasuk goncangan ketika sang ibu harus menyerah akibat penyakit jantung. Di usianya baru 12 taon ia sudah harus memilih untuk meninggalkan sekolah juga rumah akibat hutang menumpuk. Jalanan dan taman kota jadi tempat tidurnya, sekaligus lahan kerja serabutan terutama sbg pemulung. Tapi ia terus bernyanyi sekaligus percaya suatu ketika akan tiba peluang untuknya.
:A singer in a smokey room,
:A smell of wine and cheap perfume ..
:For a smile they can share the night
:It goes on and on and on and on ..
Pada taon 1982 di usia 15, ia diajak ngamen di beberapa klub hingga bergabung membentuk band untuk ikut berbagai kompetisi musik. Dalam tiga taon berikutnya, ia baru bisa tampil sbg pemenang band di tingkat nasional dgn membawakan lagu 'Bohemian Rhapsody'. Namun sayang dianulir dan kalah di laga internasional karena faktor tehnis, yakni harus membawakan karya sendiri. Tapi namanya mulai dikenal, pernah diajak untuk membuka konser Robert Palmer, dan pintu rekaman terbuka berikut lagu-lagu karyanya mulai berkumandang.
:Strangers waiting,
:Up and down the boulevard
:Their shadows searching
:In the night ..
Duapuluhdua taon kemudian, si pemuda ingin berkembang dan memanfaatkan tehnologi UTube untuk menyebarkan suara khasnya dgn membawakan berbagai hits milik Air Suply, Journey, Survivor, Aerosmith, hingga Kenny Loggins. Karakter suaranya tinggi yg dikategorikan 'tenore contraltino', adalah jenis vokal pria yg dapat menyamai batas alto (female). Umumnya bisa dicapai dgn tehnik 'lengking palsu' (falsetto) to reach high tones. Kurang lebih begitulah jenis vokal terkenal ala Steve Perry, Steven Tyler, maupun Kenny Loggins juga Utha Likumahuwa buat Indomusika. Mereka memang idola dari si pemuda ini.
:Streetlights, people,
:Living just to find emotion
:Hiding somewhere
:In the night ..

Hingga suatu hari di taon yg sama 2007, si pemuda mendadak mendapat email dari seseorang yg mengaku bernama Neal Schon untuk audisi. Ia menganggap hanya hoax, bagaimana mungkin seorang pemimpin band Journey mengundangnya? Namun seorang rekannya meyakini untuk gak ada salahnya membalas email tsb. Baru 10 menit terkirim, telponpun berdering, ada suara Neal Schon asli yg langsung mengundangnya ke San Francisco. Selebihnya adalah awal dari kisah sukses bagai dongeng. Serta 10 bulan kemudian setelah peristiwa, band Journey yg telah lama vakum mengumumkan aktif kembali. Mereka mulai dgn beberapa tour pemanasan sebelum membuat album baru, sambil memperkenalkan vokalis baru yg berasal dari Filipina. The real of 'from nobody 2b somebody'.
:Working hard to get my fill,
:Everybody wants a thrill ..
:Payin anything to roll the dice,
:Just one more time ..
Lirik Don't Stop Believing adalah karya Steve Perry dan musik digarap Neal Schon, originally released sbg singel pembuka album Escape (1981). Popularitas lagu ini menjadi salah satu signature khas power ballad milik band Journey. Pernah digelar oleh situs Allmusic sbg *an anthem for the young who wanted to feel free & unrestricted* serta pengakuan 'one of the best opening keyboard riffs in rock'. Popularitas lagu ini sebanding dgn 'Open Arms' yg pernah dibawa ulang oleh Mariah Carey, Clay Aikens dari American Idol, dst.
:Some will win, some will lose
:*Some were born to sing the blues*
:Oh, the movie never ends ..
:It goes on and on and on and on
Jika lirik dan hentakan Don't Stop Believing dijadikan semangat dan tampil di banyak film maupun peristiwa, gak perlu dibantah. Dari kisah keyakinan 'a city boy from South Detroit' versi Steve Perry hingga berlanjut ke perjuangan 'a Pinoy singer in a smokey room' bernama Arnel Pineda. Merekalah menyanyikan spirit mendalam *some were born to sing the blues*. Juga entah kebetulan, jika paras kedua vokalis ini berciri sama, khas Mongolian. Steve Perry sbg mantan adalah asli Amerika peranakan, sementara penggantinya yakni Arnel Pineda dari Filipina. Don't Stop Believing seolah terus berkumandang, termasuk lewat serial TV musical 'Glee' yg sanggup menduduki rangking #4 di Billboard Hot 100 taon 2009. Faktor lucunya adalah 5 tangga lebih tinggi dari versi asli Journey di taon 1981.
:Don't stop believin
:Hold on to the feelin ..
:Streetlights .. people!
-duke-

3 komentar:

  1. LAGUPEDIA says:

    One is a living legend, the other is just trying to make a believing.
    Both of the interpretations is about trying to make a real living.

    http://www.youtube.com/watch?v=MNQ29OlNXk8

  1. Hita says:

    Ini yg kisahnya casting GLEE itu yagh ...

  1. Mike21 says:

    Ini rekruten vokalis baru journey