Plan + Canal + Man = PANAMA

Posted: Selasa, 27 Juli 2010 by LAGUPEDIA in Label: ,
2

Jump back, what's that sound?
Here she comes, full blast'n top down
Hot shoe, burnin' down the avenue
Model citizen, zero discipline ..
Umumnya rockers, mereka sering dituduh gak jauh dari urusan bejad sebangsa sex'n'drugs. Bejad? Selain secara pamor dan kelakuan, 'kebejadan' itu sering muncul pada penampilan maupun lirik lagunya. Nah, ada empat pemuda yg dua diantaranya bersaudara dari satu ibu yg masih berdarah Indonesia, coba membentuk image baru pada bandnya, nulis lagu tentang mobil. Si vokalis nan flamboyan tapi beringaspun menerangkan, ide lirik serta nada lagunya diperoleh saat ia nonton balap mobil di Las Vegas. Salah satu peserta menamakan mobilnya Panama Express, julukan yg kelak diambilnya untuk diberikan kepada mobil tunggangan pribadi sang vokalis tsb.

Don't ya know she's coming home with me
You'll lose her in that turn
I'll get her .. Panama!
Ketika rekaman, sebuah Lamborghini beneran dibawa masuk ke studio untuk diambil raungan gasnya yg bisa terdengar saat bridge lagu. Inisiatif patut dipuji demi keseriusan dan otentik tema lagunya. Dan selanjutnya demi kemudahan di atas pentas, si vokalis cukup nenteng hair dryer buat menggerung sekaligus menggantikan suara mobil. Lagian doi sudah cukup sibuk pake bergelantungan di plafon pentas yg sudah menjadi ciri dan atraksi utama. Ehm .. Segitu doang kisahnya nih? Apa bener emang soal mobil yg bisa melaju ride like the wind?
Yeah, we're runnin' a little bit hot tonight ..
I can barely see the road from the heat comin' off
You reach down between my legs n' ease the seat back
Tapi pastinya, lagu ini telah menjadi salah satu anthem bagi kelompok yg sayangnya harus melepaskan sang vokalis pasca pembuatan album taon 1984 ini. Masing2 memutuskan untuk melanjutkan karir dan mencetak hits baru. Sang vokalis gahar yg kadang dijuluki Frank Sinatra of Rock langsung ngumpulin tiga pendekar muda untuk mencetak salah satu unggulan mereka yg berjudul 'Semut Hitam'. Terutama duetnya bersama gitaris Steve Vai dianggap legendaris, sayang gak berusia panjang.
Sementara kelompok yg ditinggalkannya gak mau kalah, mereka memilih vokalis yg juga jago gitar dan bikin lagu dari kelompok Montrose. Namun lagu si mobil balap ini akan terus menjadi ciri bagi kelompok yg sering digelar sbg pewarta heavy metal dari pesisir barat California, terutama raungan cadas khas perangkat elektrik. Lagu ini emang pas buat temen ngebut, apalagi liriknyapun soal mobil. Hingga suatu ketika seorang Alice Coopers yg juga sohib si mantan vokalis, pernah 'keceplos' dalam sebuah wawancara santai di radio lokal, 'Ehm, emang lagu asik dan cepet mirip nama mobilnya. Tapi yg gw denger dari doi sih, itu kisah abis kencan ama cewek di Detroit. Fast cars, gorgeous woman, having a good time. Udah pasti dong gk ada urusan ama kanal Panama ehehee!'. Yah emang begitulah ternyata rockers .. bukannya gak bisa dipercaya, tapi emang gak jauh dari perkara sex, drugs, rock'n'roll. OK dah .. mestinya emang bukan soal mobil.
She's runnin' .. I'm flyin'
Right behind in the rearview mirror now
Got the fearin' .. power steerin'
Pistons poppin', ain't no stoppin' now
Panama .. Panama!
-duke-

2 komentar:

  1. Anonim says:

    IMHO.. better Lee Roth than Sammy :)

  1. Anonim says:

    Bener era David lebih klasik... lagu ini mang keren