Go West

Posted: Rabu, 21 Juli 2010 by LAGUPEDIA in Label: , , ,
3

Go West, life is peaceful there
Go West, ln the open air
Go West, where the skies are blue
Go West, this is what we're gonna do
Go west ..
Nyadar gak, kalo irama lagu ini selalu terdengar saat ajang Piala Dunia 2006. Terutama saat jedah yg menggelegar secara instrumental, terkadang diiringi paduan banyak penonton yg nimbrung nyanyi. Karena nada dan liriknya memang gampang diikuti serta berulang semacam anthem. Dan seingatku, 'Go West' adalah lagu yg pernah dipopulerkan oleh segerombolan pengusung disco Village People (sekitar 79-an, juga beken dgn hits 'YMCA'). Tapi versi yg lebih beken dan berkesan buatku adalah saat dibawakan ala disco-techno British, 'Pet Shop Boys'. Mereka merilis ulang lagu ini, tujuan awalnya untuk disumbangkan sbg charity kegiatan amal AIDS. Kemudian menyebar di seantero lantai dansa dan muncul sbg singel hits yg sukses.
Konon terminologi 'Go West' awalnya merupakan kisah dari petikan sejarah era kolonial Amerika, dari quotes popular abad 19 : "Go West .. young man!". Tapi gk begitu jelas, kenapa kutipan ini lantas nyasar jadi ke lagu disco dan kini malah menyebar ke lapangan bola segala? Lagu ini terutama marak di tiap jeda (waktu istirahat atau sebelum pertandingan) nyaris di tiap laga Piala Dunia di Jerman. Padahal jika mengacu aspek sejarah di atas, 'Go West' bukan lagu tradisional Jerman ato Eropah umumnya. Meski ada pendapat jika 'Go West' juga mewakili pernyataan para penakluk Eropah abad 15 untuk memperluas koloninya. Salah satu tujuan mereka adalah menuju barat yakni mendarat di pantai timur benua baru yg disebut Amerika (jadi inget film 'Far and Away'). Jika Jerman menggunakannya buat World Cup, mungkin selain penyebaran popular sepak bola juga simbolis dominasi benua Eropah terhadap Amerika. Karena yg tampil di final adalah Prancis vs Italia, setelah mengalahkan tuan rumah dan Brazil sbg wakil di luar Eropah yg tersisa.
Together, we will love the beach
Together, we will learn and teach
Together, change our pace of life
Together, we will work and strive
Pada era kejayaan disco 70an, 'Go West' merupakan salah satu simbol kebebasan. Ini jika dikaitkan pula dgn kelompok Village People, yg tentu gk bisa lepas dari kebebasan para Queer (terutama homoseksual). Para anggota Village People yg dikenal dgn seragam khas mewakili berbagai profesi dan budaya, dikenal sbg para gays ala kabaret. San Fransisco adalah kota utama yg paling dituju sbg kiblat, entah kenapa banyak kaum queer yg memilih ekspansi ke pantai wilayah barat Amerika. Tepatnya di bagian yg popular disebut 'Castro', salah satu district di kota yg juga dikenal sbg 'put flowers in your hair' di era hippies 60an. Dan pernah di taon 72 hingga 78, seorang politisi lokal bernama Harvey Milk, secara terbuka mengaku gay serta giat kampanye untuk persamaan hak di Frisco. Ia bahkan berniat jadi walikota dgn kampanye yg sukses, namun secara tragis ditembak mati serta mengakibatkan big riot.
I love you, I know you love me
I love you, how could i disagree?
So that's why I make no protest
When you say, you'll do the rest
Pet Shop Boys adalah duo British, yg memang aktif terlibat dalam kegiatan terkait AIDS. Hingga mereka tampil di club malam terkenal The Hacienda (di Manchester, ada di film '24 Hour Party People'), dan untuk pertama kalinya membawakan 'Go West'. Meski saat itu rada keteteran karena gk hapal lirik, tapi penonton menyukai versi mereka yg akhirnya dijadikan rekaman single. Sejak itu, 'Go West' selalu tampil dan jadi lagu penutup (encore) tiap konser mereka. Sementara ide video clipnya mengambil peristiwa pecahnya USSR (Union of Soviet Socialist Republics), simbol angin segar buat dunia dan kebebasan. Adapula yg menyebutnya, "This song is about Soviet national anthem, it's about communists leaving the Soviet union. And now going to America because they are allowed to have .. gay marriage there!"
There where the air is free
We'll be what we want to be
Now if we make a stand
We'll find .. our promised land
-duke-

3 komentar:

  1. Anonim says:

    "go west" adalah policy pemerintah amerika pada abad 19 mengiming-iming orang untuk pergi ke barat (west coast) yang terkenal liar dan buas (wild wild west) karena resistensi indian terhadap pencaplokan kulit putih di amerika.

    yah.., memang seperti film "far and away", ketika tom cruise berlomba mematok tanah di barat. bahkan untuk memacu lebih banyak orang pergi ke barat, ditiupkan isu bahwa diujung pantai barat (san francisco) ada tambang emas yang melimpah. penambang emas disebutnya "49ers"

    orang yang sudah pergi ke barat, tidak mungkin bisa kembali lagi ke timur karena akan langsung dibunuh oleh pasukan kaveleri amerika, program pemerintah amerika "go west" harus sukses. orang timur 'harus' mendengar bahwa west adalah surga, 'land of opportunity', sehingga orang yang pergi ke barat tidak mau kembali lagi ke timur.

  1. Anonim says:

    Udah lama demen ni lagu, kok kayak lagunya GAY .., kalo I Will Survive..??

  1. LAGUPEDIA says:

    Thanks banget untuk tambahan informasinya, jadi mirip kisah Lucky Luke ehehee. Go West lagunya Gay, juga I Will Survive? Bisa aja kok .. Guy juga manusia toh, boleh demen lagu asik ;o)