You'll Never Walk Alone

Posted: Rabu, 21 Juli 2010 by LAGUPEDIA in Label: , , , , ,
1

When you walk through a storm,
Hold your head .. up high
And don't be afraid of the dark
At the end of the storm,
There's a golden sky .. and
The sweet, silver song of a lark
Adalah penulis lagu dan komposer Richard Rodgers, bersama Oscar Hammerstein yg membuat naskah musikal berjudul 'Carousel' di taon 1945. Drama musikal yg tragis mengenai sepasang berbeda status, namun dapat diakhiri kebahagiaan saat anak mereka (setelah menjadi yatim) berhasil lulus sekolah. Lagu You'll Never Walk Alone lantas berkumandang saat mengiringi kebahagiaan itu, sekaligus penutup cerita. Kau Tak Pernah (Berjalan) Sendirian, sang anak merengkuh cita-citanya dgn tatapan kedua orangtuanya yg masing2 dari beda dunia. Maka lagu inipun jadi popular serta semacam tradisi acara kelulusan di umumnya sekolah Amerika.
Secara popularitas, lagu ini pertama kalinya dinyanyikan oleh Frank Sinatra (1945), kemudian Mario Lanza dalam versi Opera, maupun Elvis Presley yg menjadikannya lebih tersebar ke seluruh bumi. Namun lagu ini lebih identik dgn kesuksesan dan moment bersejarah saat dibawakan oleh kelompok 'Gerry and the Pacemakers' di taon 1965. Group yg berasal sama dan bersaing dgn The Beatles (dan manajernya sama, Brian Epstein) yakni dari Liverpool, kelak identik dgn ikon lain dari kota itu yakni kesebelasan Liverpool alias 'The Reds'. Konon awalnya Garry pernah hadir di Anfield, meski mengaku bukan penggemar sepak bola dan fans The Reds, kemudian didaulat untuk memimpin lagu hitsnya di stadion. Ternyata kenangan itu amat membekas dan berkesan heroik bagi the Kops, selanjutnya jadi sering dinyanyikan bersama terutama di tiap saat memulai pertandingan dan di menit terakhir laga. Melalui anthem dan sepakbola, para Liverpudlian (supporters of Liverpool) selanjutnya akan bernyanyi serentak before start and at the end of each game in stadion.
Walk on .. through the wind,
Walk on .. through the rain,
Though your dreams be tossed
And blown ..
Faktor inilah yg kemudian membuat lagu tsb jadi sedemikian sakral sekaligus identik dgn tim 'Liverpool' hingga kini. Serta di markas bernama 'Anfield', salah satu stadion paling terkenal di dunia, terdapat 'Gerbang Shankly (dari nama manajer Liverpool saat itu, Bill Shankly) dilengkapi tulisan besar terpampang di atas gerbang: You'll Never Walk Alone. Frase dgn fighting spirit khas Liverpudlian yg amat menggetarkan, sbg pemersatu the Kops yg terutama bikin ciut nyali lawan sekaligus mengundang kekaguman kawan saat memasuki markas 'This Is Anfield'.
*Always support the team, no matter how bad they are playing.
If the team is doing badly, cheer even louder as they need your
support more. If a player is struggling, sing his name louder and
more often as he needs it. If the opposition are better side and
perform well, appreciate it and give them credit they are due*

April 2007, adalah babak yg menegangkan di final American Idol VI. Pada pekan akhir, ada sessi khusus berjudul 'Inspiration Song'. Yakni para peserta harus memilih lagu favorit yg dianggap dapat membangkitkan semangat sekaligus menginspirasi kemenangan. Serta di malam itupun terjadi sejarah baru bagi American Idol, untuk pertama kali gak ada peserta yg gugur. Karena memang bersifat charity, juga penghargaan terhadap tema yg terinspirasi saling support. Nah, salah seorang peserta yg juga termuda (which also won this season's idols at last), memilih untuk membawakan lagu You'll Never Walk Alone. Lagu yg kelak mengantarkannya menjadi juara.
Sejujurnya, Jordin Sparks –nama peserta itu – bukan kontestan favoritku pada sessi tersebut. Tapi secara ia telah membawa lagu sakral itu, keyakinankupun 'goyah'. Dan dengar cuplikan apa kata para juri pada malam itu, mengenai penampilan Jordin termasuk komentar pada pilihan lagu yg dibawakannya :
* Randy Jackson: "One of the best performances on American Idol .. ever!"
* Simon 'antagonis' Cowell: "You .. and that 60 years-old-song, fantastic .. brilliant"
Walk on .. walk on ..
With hope in your heart,
And you'll never walk alone
You'll never walk .. alone
-duke-

1 komentar:

  1. aiste says:

    to leave a note YNWA